HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PERIODE I TAHUN 2025

Puskesmas Jatibaru melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Periode I Tahun 2025 pada Mei 2025.
Dari 400 responden, terdapat 23,5% laki-laki, 76,5% perempuan. Tingkat pendidikan SD 10%, SMP 18,5%, SMA 52,5%, D3 3,75%, S1 14,75%, S2 0,5%.
Usia 17-25 tahun 12,75%, Usia 26-35 tahun 31,25%, Usia 36-45 tahun 32,25%, Usia 46-55 tahun 12,75%, Usia 56-65 tahun 9,25%, Usia > 65 tahun 1,75%
Hasil survei menunjukkan indeks kepuasan masyarakat sebesar 85,48 yang masuk dalam kategori "Baik". Meskipun hasil ini menunjukkan bahwa pelayanan kami sudah baik, kami tetap melakukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.
Hasil Survei
Berdasarkan hasil survei, unsur yang menjadi prioritas perbaikan adalah Sarana dan Prasarana (Sarpras), Persyaratan, dan Waktu. Kami memahami bahwa perbaikan dalam ketiga unsur ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Sementara itu unsur terbaik adalah unsur Tarif, Pengelolaan Pengaduan dan Kompetensi Pelaksana.
Rencana Tindak Lanjut
Kami telah melaksanakan pertemuan dengan bidang terkait untuk membahas rencana tindak lanjut. Pertemuan ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Beberapa rencana tindak lanjut yang dihasilkan antara lain:
- Perbaikan sarana dan prasarana pelayanan
- Penyederhanaan prosedur dan persyaratan
- Peningkatan efisiensi waktu pelayanan
Komitmen Kami
Puskesmas Jatibaru berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Kami berharap dengan adanya survei ini, kami dapat mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat sehingga kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.
Terima kasih atas partisipasi dan kepercayaan masyarakat kepada Puskesmas Jatibaru. Kami akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.