STANDAR PELAYANAN PUBLIK PELAYANAN KLASTER 3
PELAYANAN KB
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1 |
Persyaratan Pelayanan |
a. Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran b. Pasien membawa KTP/ Kartu Keluarga. |
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur |
a. Petugas memanggil pasien sesuai antrian b. Petugas melakukan anamnesa kepada pasien c. Petugas melakukan pemeriksaan kepada pasien d. Petugas melakukan pemeriksaan penunjang apabila di perlukan e. Petugas melakukan rujukan apabila diperlukan f. Petugas melakukan pelayanan kontrasepsi apabila diperlukan g. Petugas membuat resep obat h. Pasien dipersilakan mengantri obat di Apotek Puskesmas Jatibaru. |
3 |
Jangka Waktu Pelayanan |
20 Menit-30 Menit |
4 |
Biaya/Tarif |
a. Pasien BPJS dengan Faskes Puskesmas Jatibaru ditanggung BPJS b. Pasien Umum sesuai dengan Perda Kota Bima Nomor 01 Tahun 2024 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
|
5 |
Produk Pelayanan |
a. Mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan tentang kondisi pasien b. Mendapatkan pelayanan kontrasepsi yang diperlukan c. Mendapatkan surat keterangan hamil apabila di perlukan d. Mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi (skrining IVA) dan calon pengantin e. Mendapatkan pelayanan konseling Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP) f. Mendapatkan rujukan internal/eksternal apabila diperlukan Mendapatkan surat calon pengantin apabila diperlukan. |
6 |
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan |
a. Pasien/pengguna layanan menyampaikan melalui: 1) Langsung pada petugas 2) Kotak Saran 3) Web : pkm-jatibaru.bimakota.go.id 4) Facebook: Puskemas Jatibaru b. Petugas mencatat pengaduan dari pengguna layanan c. Pengaduan/ saran dari pelanggan Puskesmas Jatibaru akan diolah dan ditangani oleh Tim Pengaduan dan akan dilakukan umpan balik baik langsung maupun tidak langsung kepada pengirim saran yang mencantumkan identitas. Bila masalah aduan tidak bisa diatasi oleh Puskesmas Jatibaru, akan dilakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Bima.
|