STANDAR PELAYANAN PUBLIK LINTAS KLASTER
PELAYANAN GAWAT DARURAT-RUANG TINDAKAN
NO |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
Pasien membawa rujukan internal bagi pasien yang berasal dari poli yang merujuk. |
2 |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur |
a. Pasien datang dari poli maupun pasien gawat darurat diterima petugas. Pasien dengan kondisi gawat darurat, akan segera diberikan pelayanan tanpa melalui loket pendaftaran. Pendaftaran pasien darurat dilakukan oleh keluarga pasien di loket b. Petugas memeriksa pasien c. Petugas melakukan informe consent d. Petugas melakukan tindakan medis sesuai kebutuhan e. Petugas melakukan pengawasan dan pengamatan f. Petugas melakukan rujukan ke faskes lanjutan (rumah sakit) apabila diperlukan.
|
3 |
Jangka Waktu Pelayanan |
Disesuaikan dengan berat ringannya keadaan pasien. |
4 |
Biaya/Tarif |
a. Pasien BPJS dengan Faskes Puskesmas Jatibaru ditanggung BPJS b. Pasien Umum sesuai dengan Perda Kota Bima Nomor 01 Tahun 2024 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
|
5 |
Produk Pelayanan |
Pelayanan tindakan medis/ gawat darurat. |
6. |
a. Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan |
b. Pasien/pengguna layanan menyampaikan melalui: 1) Langsung pada petugas 2) Kotak Saran 3) Web : pkm-jatibaru.bimakota.go.id 4) Facebook : Puskemas Jatibaru c. Petugas mencatat pengaduan dari pengguna layanan d. Pengaduan/ saran dari pelanggan Puskesmas Jatibaru akan diolah dan ditangani oleh Tim Pengaduan dan akan dilakukan umpan balik baik langsung maupun tidak langsung kepada pengirim saran yang mencantumkan identitas. Bila masalah aduan tidak bisa diatasi oleh Puskesmas Jatibaru, akan dilakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Bima. |
Foto : Kru Ruang Tindakan 2021, Dari Kiri; Yeni Rahmawati, AMd. Kep, Dyah Ayu AMd. Kep, Suharni, S. Kep. Ns, Isyak Syamsu Rizal AMd. Kep