LOKAKARYA MINI TRI BULANAN PUSKESMAS JATIBARU

Jatibaru, (27/2/2025)– Puskesmas Jatibaru kembali menggelar Lokakarya Mini Tri Bulanan, sebuah forum koordinasi dan evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Jatibaru. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan seperti perwakilan Camat Asakota, lurah, kader, karang taruna, LPM,  Babinsa, PKK, BKKBN, KUA, puskesmas pembantu (pustu), tenaga kesehatan serta mitra terkait lainnya.

Dalam Lokakarya Mini Tri Bulanan ini, dibahas beberapa poin utama, yaitu:

  1. Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG) adalah program pemerintah yang memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat, sebagai kado bagi masyarakat yang sedang berulang tahun. Program ini berlaku di seluruh Indonesia termasuk di Puskesmas Jatibaru.

  1. Perkembangan Integrasi Pelayanan Primer (ILP) di Posyandu dan Pustu

ILP di posyandu dan pustu terus diperkuat guna meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan koordinasi antar tenaga Kesehatan dan kader maupun kelurahan.

  1. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat

Survei kepuasan masyarakat menjadi indikator penting dalam menilai kualitas layanan puskesmas. Hasil survei terakhir yang dilaksanakan pada November 2024 menunjukkan peningkatan kepuasan.  Salah satu aspek yang perlu diperbaiki seperti pemenuhan sarana dan prasarana.

  1. Hasil Pengaduan Masyarakat

Puskesmas Jatibaru menerima sejumlah pengaduan yang berkaitan dengan pemenuhan sarana pra sarana, keramahan petugas. Semua pengaduan telah dianalisis dan ditindaklanjuti dengan langkah-langkah perbaikan yang konkret.

  1. Standar Pelayanan dan Kompensasi Standar Pelayanan

Sebagai bagian dari peningkatan mutu layanan, lokakarya mini tri bulanan kali ini juga membahas standar pelayanan yang terdiri dari 14 unsur, termasuk produk layanan, persyaratan, prosedur, jangka waktu dan tarif. Selain itu, mekanisme kompensasi bagi masyarakat jika standar pelayanan tidak terpenuhi juga menjadi topik diskusi.

  1. Maklumat Pelayanan

Untuk menegaskan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, Puskesmas Jatibaru kembali menyampaikan Maklumat Pelayanan, yang menegaskan hak-hak masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas, transparan, dan akuntabel.

Selain itu juga dibahas tentang  beberapa program kesehatan dan upaya peningkatan pelayanan pada stunting, TB, ODGJ dan catin.

Lokakarya Mini Tri Bulanan ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan koordinasi dan perbaikan pelayanan kesehatan di Puskesmas Jatibaru. Diharapkan, dengan adanya evaluasi dan perbaikan berkelanjutan, masyarakat dapat merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan yang lebih baik dan merata.