Telpon : (0461) 21053

Berita Terbaru

KAJI BANDING ILP PUSKESMAS JATIBARU DI PUSKESMAS LABUAPI

Diunggah Oleh Puskesmas Jatibaru Kota Bima
Tanggal Selasa,11 Juni 2024

Puskesmas Jatibaru Kota Bima melakukan kegiatan kaji banding ke Puskesmas Labuapi, Lombok Barat pada 10 Juni 2024 untuk mempelajari penerapan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP). Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Thoriqatilhaq, S.T ini membawa rombongan sebanyak 10 orang.

 

 

 

 

 

 

Acara kaji banding ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat, Suryawirawan, S.Si, Apt., MPH yang menyampaikan pentingnya kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah Lombok Barat. Peran Dinas Kesehatan juga tak kalah penting dalam penerapan ILP. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa integrasi pelayanan kesehatan primer merupakan langkah strategis dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang holistik dan terkoordinasi.

 

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Lombok Barat, Wina Frida, S.ST yang memberikan paparan mengenai kebijakan dan strategi dinas kesehatan dalam mendukung integrasi pelayanan kesehatan primer di seluruh puskesmas.

 

Kepala Puskesmas Labuapi, Rohayati, S.Si kemudian memberikan sambutan selamat datang kepada tim Puskesmas Jatibaru. Beliau menjelaskan berbagai inisiatif dan praktik terbaik yang telah diterapkan di Puskesmas Labuapi, khususnya dalam hal integrasi pelayanan kesehatan primer. Implementasi ini meliputi koordinasi yang erat antara posyandu, pustu, dan puskesmas, penggunaan teknologi informasi untuk pencatatan dan pemantauan data kesehatan, serta pelatihan rutin bagi petugas kesehatan.

 

 

 

 

 

 

Selama kunjungan, tim dari Puskesmas Jatibaru berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana sistem ILP diterapkan, baik di puskesmas maupun di pustu, cara pelayanan holistik diberikan kepada pasien, serta penggunaan teknologi informasi dalam mendukung pelayanan kesehatan. Diskusi interaktif antara kedua puskesmas juga menghasilkan berbagai rekomendasi yang dapat diterapkan di Puskesmas Jatibaru.

 

Kaji banding ini memberikan banyak wawasan berharga bagi Puskesmas Jatibaru. Implementasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Puskesmas Labuapi dapat dijadikan model yang inspiratif. Dengan menerapkan rekomendasi yang diperoleh dari kaji banding ini, diharapkan Puskesmas Jatibaru dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien secara signifikan.